https://professorspeedy.com/wp-admin/options-general.php?page=header-footer/admin/options.php

Jenis kelamin gender seorang individu sangat mempunyai faktor yang penting dalam pengungkapan diri.

Place your order now for a similar assignment and have exceptional work written by our team of experts, At affordable rates

For This or a Similar Paper Click To Order Now

TEORI SELF DISCLOSURE
Pengertian Self Disclosure
Self Disclouser adalah pengungkapan reaksi atau tanggapan individu terhadap situasi yang sedang dihadapinya serta memberikan informasi tentang masa lalu yang relevan atau berguna untuk memahami tanggapan individu tersebut (Johson, dalam Supratiknya, 1995). Menurut Morton (dalam Baron, dkk,. 1994) self disclosure adalah kegiatan membagi perasaan dan informasi yang akrab dengan orang lain. Jadi dapat disimpulkan bahwa self disclosure adalah bentuk komunikasi interpersonal yang didalamnya terdapat pengungkapan ide, perasaan, fantasi, informasi mengenai diri sendiri yang bersifat rahasia dan belum perna diungkapkan kepada orang lain secara jujur. Jourard mengartikan self disclosure sebagai tindakan baik secara verbal maupun non verbal, mengungkapkan aspek-aspek dari diri kepada orang lain.
Dengan kata lain, keterbukaan diri adalah menyampaikan informasi baik secara verbal atau non verbal, lisan maupun tulisan tentang keunikan diri pribadi seseorang. Raven & Rubin menyatakan dalam proses pengungkapan diri nampaknya individu-individu yang terlibat memiliki kecenderungan mengikuti norma resiprok (timbal balik). Bila seseorang menceritakan sesuatu yang bersifat pribadi, maka akan cenderung memberikan reaksi yang sepadan. Pada umumnya mengharapkan orang lain memperlakukan sama seperti memperlakukan mereka.
Dwyer mengatakan pengungkapan diri adalah proses bertahap: orang biasanya tidak mengungkapkan terdalam mereka dan perasaan pada pertemuan pertama. Hal itu juga merupakan proses kedua belah pihak bertukar fakta intim dan perasaan satu sama lain jika seseorang menyimpan sesuatu, maka pengungkapan berhenti.
Fisher berpendapat bahwa informasi yang diungkapkan tanpa sengaja, atau karena kesalahan adalah relevansinya diri daripada pengungkapan diri. Pengungkapan diri adalah jenis komunikasi di mana kita mengungkapkan informasi tentang diri sendiri yang biasanya disembunyikan, hal ini merupakan tipe khusus dari percakapan dimana seseorang berbagi informasi dan perasaan pribadi dengan orang lain.
Beberapa penelitian tentang pengungkapan diri ini cenderung menggunakan penjelasan-penjelasan psikologis disertai sifat-sifat psikologis. Contoh, dua sifat pengungkapan diri yang populer adalah jumlah dan valensi. Jumlah disini mengacu pada seberapa banyak informasi tentang diri yang terungkapkan. Sedangkan, valensi lebih kepada pandangan mengenai informasi yang disampaikan, mengarah ke positif atau negatif. Dimensi self disclosure terdiri dari hal-hal sebagai berikut:
a. Ukuran, dilihat dari frekuensi dan durasinya
b. Valensi, kecenderungan ungkapan positif atau negatif
c. Kecermatan dan kejujuran.
Menurut Devito (dalam Ningsih, 2015) dimensi yang ada pada self disclosure ini dibagi menjadi 5 bagian:
a. Ukuran atau jumlah self disclosure Ukuran self disclosure didapat dari frekuensi seseorang melakukan self disclosure dan durasi pesan-pesan yang bersifat self disclosure atau waktu yang diperlukan untuk menyatakan pengungkapan diri tersebut. Dalam hal ini, self disclosure tidak terbatas oleh waktu selama individu tersebut terakses dengan aktivitas internet dan melakukan self disclosure dalam media sosial saat individu tersebut merasa hal atau kejadian yang tengah dialaminya patut untuk diungkapkan.
b. Valensi self disclosure Valensi lebih menilik pada pengungkapan tersebut cenderung positif atau negatif. Individu tentu saja dapat mengungkapkan dengan baik dan membahagiakan (positif), atau juga dengan mengungkapkan tidak baik dan tidak menyenangkan (negatif), masing-masing kualitas baik positif atau negatif tentu saja akan menimbulkan dampak yang berbeda, baik bagi yang mengungkapkan maupun bagi para individu yang menerima/mendengarkannya.
c. Kecermatan dan kejujuran Dalam konteks kecermatan dan kejujuran self disclosure akan dibatasi oleh seberapa jauh individu tersebut mengenal dirinya. Selanjutnya semua itu (self disclosure) akan bergantung pada kejujuran individu. Individu bisa saja jujur sejujur-jujurnya, atau bisa saja melebih-lebihkan, bahkan bisa saja berbohong. Dalam hal ini, mengenal diri sendiri tentunya berkaitan dengan konsep diri (self concept) individu. Pada penelitian ini akan lebih difokuskan pada self disclosure yang terjadi. Apakah pengungkapan diri individu tersebut jujur total, berlebihan, atau tidak sesuai fakta/berbohong
d. Tujuan dan maksud Dalam aktivitas self disclosure individu tentunya dengan sadar mengetahui apa yang ditujukan untuk diungkapkan sehingga individu tersebut dapat mengontrol pengungkapan dirinya. Terkait penyingkapan perasaan terkadang seorang individu berpikir secara spontan, dapat melibatkan perasaan yang terkadang out of control (tak terkontrol). Untuk itu, akan diteliti lebih lanjut mengenai tujuan dan maksud dalam penyingkapan self disclosure dalam media sosial.
e. Keintiman Individu dalam pengungkapan diri dapat memetakkan hal-hal yang intim pada kehidupannya atau hal-hal yang dianggap feriferal atau impersonal (tidak bersifat pribadi) atau hal-hal yang terletak diantara feriferal atau impersonal.
Pengungkapan diri yang dilakukan secara tepat merupakan indikasi dari kesehatan mental seseorang. Dimana salah satu aspek penting dalam keterampilan sosial adalah pengungkapan diri. Pengungkapan diri haruslah dilandasi dengan kejujuran dan keterbukaan dalam memberikan informasi, atau dengan kata lain apa yang disampaikan kepada orang lain hendaklah bukan merupakan suatu topeng pribadi atau kebohongan belaka sehingga hanya menampilkan sisi yang baik saja. Pengungkapan diri dapat bersifat deskriptif maupun evaluatif. Pengungkapan diri deskriptif yaitu seseorang melukiskan berbagai fakta mengenai dirinya yang mungkin belum diketahui oleh pendengar, seperti pekerjaan, tempat tinggal, dan sebagainya. Pengungkapan diri evaluatif yaitu seseorang mengemukakan pendapat atau perasaan pribadinya, seperti perasaannya menyukai orang-orang tertentu, merasa cemas karena terlalu gemuk, tidak suka bangun pagi, dan sebagainya.
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Self Disclosure Menurut Devito (dalam Fajar, 2015) menjelaskan beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi self disclosure, sebagai berikut:
a. Besar kelompok Suatu pengungkapan diri atau self disclosure jauh lebih banyak terjadi didalam kelompok kecil daripada dalam kelompok besar. Dengan jumlah pendengar yang lebih sedikit, pengungkapan diri yang dilakukan akan cenderung lebih efektif. Individu yang mengungkapkan diri pun dapat meresapi respon para pendengar lebih cermat dibandingkan dengan dua pendengar atau lebih.
b. Perasaan menyukai Pengungkapan diri sebenarnya berdasarkan juga pada kesukaan atau kecintaan terhadap individu lain. Jika menyukai, seseorang akan dengan senang hati melakukan self disclosure. Tetapi jika tidak, cenderung untuk menutup diri. Hal tersebut disebabkan individu yang kita sukai atau cintai akan besar kemungkinan memberikan dukungan atau saran yang positif.
c. Efek diadik Proses pengungkapan diri akan jauh lebih aman dan nyaman ketika masing-masing individu secara bersama-sama atau bergantian melakukan self disclosure. Selain itu, dapat juga memperkuat pengungkapan diri seorang individu.
d. Kompeten Faktor kompeten lebih melihat ke pengalaman masing-masing individu. Individu yang memiliki pengalaman lebih banyak, cenderung untuk lebih sering melakukan pengungkapan diri ketimbang yang hanya mempunyai sedikit pengalaman. Alasannya, kepercayaan diri yang lebih besar tentu dimiliki oleh orang yang lebih kompeten.
e. Kepribadian Individu yang mudah untuk bergaul akan melakukan pengungkapan diri yang lebih sering daripada individu yang kesulitan atau tidak pandai dalam bergaul.
f. Topik Seorang individu tentu lebih tertarik untuk mengungkapkan dirinya mengenai topik-topik yang positif daripada yang negatif. Self disclosure akan semakin kecil kemungkinan terjadi/terlaksana ketika topik yang dibahas adalah topik yang pribadi dan negatif.
g. Jenis kelamin Gender seorang individu sangat mempunyai faktor yang penting dalam pengungkapan diri. Pria pada umumnya kurang terbuka jika dibandingkan dengan wanita.
Bahaya Self Disclosure
Suatu proses komunikasi apalagi yang berhubungan dengan penyampaian pesan sebenarnya pasti memiliki akibat-akibat didalamnya. Menurut Devito (dalam Pamuncak, 2011) ada banyak manfaat dalam proses pengungkapan diri yang bisa saja membuat kita buta akan resiko-resikonya. Berikut disebutkan beberapa bahayanya pengungkapan diri:
a. Penolakan pribadi dan sosial Pengungkapan diri biasanya dilakukan kepada orang-orang yang telah individu percayai. Seseorang melakukan pengungkapan diri pasti merasa bahwa individu lain akan memberikan dukungan pada pengungkapan dirinya. Tetapi, akan ada penolakan secara pribadi jika pengungkapan dirinya tidak disukai atau bertentangan dengan individu lain tersebut.
b. Kerugian material Ada saatnya dimana pengungkapan diri atau self disclosure dapat mengakibatkan kerugian material. Sebagai contoh, politisi yang pernah memiliki riwayat dirawat oleh psikiater mungkin akan kehilangan dukungan dari partai politiknya sendiri dan masyarakat pun enggan untuk memberikan suara terhadapnya.
c. Kesulitan intrapribadi Kesulitan intrapribadi dapat terjadi ketika individu tidak mengekspektasikan reaksi yang akan diterimanya. Bila mendapati penolakan, tidak ada dukungan, dan rekan-rekan terdekat justru menghindar, maka saat itu juga seorang individu sedang berada dalam kesulitan intrapribadi.
Masing-masing individu harus memiliki kemampuan untuk mengambil keputusan terkait pengungkapan diri. Hal ini dikarenakan setiap individu tentu mempunyai tujuan dan maksud yang berbeda-beda dalam pengungkapan diri. Devito (dalam Ningsih, 2015) memberikan pedoman dalam self disclosure seperti berikut:
a. Motivasi pengungkapan diri Tentunya dibalik sebuah pengungkapan diri seorang individu, ada motif yang terkandung didalamnya. Seperti halnya rasa berkepentingan terhadap hubungan, terhadap individu-individu yang terlibat, dan terhadap dirinya sendiri. Self disclosure sejatinya harus bermanfaat terhadap individu lain dan semakin membuatnya produktif dalam melakukan sesuatu.
b. Kepatutan pengungkapan diri Sebelum melakukan pengungkapan diri, individu harus cermat mengamati kondisi lingkungan (konteks) dan jarak proximity antara pembicara dan pendengar. Jika hubungan yang terjalin sudah sangat dekat, pada umumnya topik yang dibahas akan semakin bersifat pribadi.

For This or a Similar Paper Click To Order Now

What Will You Get?

We provide professional writing services to help you score straight A’s by submitting custom written assignments that mirror your guidelines.

Premium Quality

Get result-oriented writing and never worry about grades anymore. We follow the highest quality standards to make sure that you get perfect assignments.

Experienced Writers

Our writers have experience in dealing with papers of every educational level. You can surely rely on the expertise of our qualified professionals.

On-Time Delivery

Your deadline is our threshold for success and we take it very seriously. We make sure you receive your papers before your predefined time.

24/7 Customer Support

Someone from our customer support team is always here to respond to your questions. So, hit us up if you have got any ambiguity or concern.

Complete Confidentiality

Sit back and relax while we help you out with writing your papers. We have an ultimate policy for keeping your personal and order-related details a secret.

Authentic Sources

We assure you that your document will be thoroughly checked for plagiarism and grammatical errors as we use highly authentic and licit sources.

Moneyback Guarantee

Still reluctant about placing an order? Our 100% Moneyback Guarantee backs you up on rare occasions where you aren’t satisfied with the writing.

Order Tracking

You don’t have to wait for an update for hours; you can track the progress of your order any time you want. We share the status after each step.

image

Areas of Expertise

Although you can leverage our expertise for any writing task, we have a knack for creating flawless papers for the following document types.

Areas of Expertise

Although you can leverage our expertise for any writing task, we have a knack for creating flawless papers for the following document types.

image

Trusted Partner of 9650+ Students for Writing

From brainstorming your paper's outline to perfecting its grammar, we perform every step carefully to make your paper worthy of A grade.

Preferred Writer

Hire your preferred writer anytime. Simply specify if you want your preferred expert to write your paper and we’ll make that happen.

Grammar Check Report

Get an elaborate and authentic grammar check report with your work to have the grammar goodness sealed in your document.

One Page Summary

You can purchase this feature if you want our writers to sum up your paper in the form of a concise and well-articulated summary.

Plagiarism Report

You don’t have to worry about plagiarism anymore. Get a plagiarism report to certify the uniqueness of your work.

Free Features $66FREE

  • Most Qualified Writer $10FREE
  • Plagiarism Scan Report $10FREE
  • Unlimited Revisions $08FREE
  • Paper Formatting $05FREE
  • Cover Page $05FREE
  • Referencing & Bibliography $10FREE
  • Dedicated User Area $08FREE
  • 24/7 Order Tracking $05FREE
  • Periodic Email Alerts $05FREE
image

Our Services

Join us for the best experience while seeking writing assistance in your college life. A good grade is all you need to boost up your academic excellence and we are all about it.

  • On-time Delivery
  • 24/7 Order Tracking
  • Access to Authentic Sources
Academic Writing

We create perfect papers according to the guidelines.

Professional Editing

We seamlessly edit out errors from your papers.

Thorough Proofreading

We thoroughly read your final draft to identify errors.

image

Delegate Your Challenging Writing Tasks to Experienced Professionals

Work with ultimate peace of mind because we ensure that your academic work is our responsibility and your grades are a top concern for us!

Check Out Our Sample Work

Dedication. Quality. Commitment. Punctuality

[display_samples]

It May Not Be Much, but It’s Honest Work!

Here is what we have achieved so far. These numbers are evidence that we go the extra mile to make your college journey successful.

0+

Happy Clients

0+

Words Written This Week

0+

Ongoing Orders

0%

Customer Satisfaction Rate
image

Process as Fine as Brewed Coffee

We have the most intuitive and minimalistic process so that you can easily place an order. Just follow a few steps to unlock success.

See How We Helped 9000+ Students Achieve Success

image

We Analyze Your Problem and Offer Customized Writing

We understand your guidelines first before delivering any writing service. You can discuss your writing needs and we will have them evaluated by our dedicated team.

  • Clear elicitation of your requirements.
  • Customized writing as per your needs.

We Mirror Your Guidelines to Deliver Quality Services

We write your papers in a standardized way. We complete your work in such a way that it turns out to be a perfect description of your guidelines.

  • Proactive analysis of your writing.
  • Active communication to understand requirements.
image
image

We Handle Your Writing Tasks to Ensure Excellent Grades

We promise you excellent grades and academic excellence that you always longed for. Our writers stay in touch with you via email.

  • Thorough research and analysis for every order.
  • Deliverance of reliable writing service to improve your grades.
Place an Order Start Chat Now
image